Perlu Tahu! Inilah Cara Memilih Wastafel Kamar Mandi yang Tepat!

Perlu Tahu! Inilah Cara Memilih Wastafel Kamar Mandi yang Tepat!

Wastafel berupa salah satu perabotan rumah yang memiliki fungsi penting. Banyak aktivitas di dalam rumah yang mengandalkan perabotan wastafel ini, seperti mencuci tangan dan membersihkan benda-benda yang kotor. Namun, saat Anda hendak membeli wastafel, khususnya wastafel kamar mandi, untuk melengkapi rumah Anda, tidak cukup hanya membeli wastafel berdasarkan harga maupun penampilannya. Karena, ada beberapa faktor lainnya yang perlu diperhatikan.
Pilihlah wastafel yang berkualitas dan yang dapat memenuhi kebutuhan.
Berikut kami suguhkan beberapa pertimbangan yang dapat Anda terapkan untuk menemukan wastafel kamar mandi yang tepat untuk Anda dan keluarga:

Pilih Ukuran Wastafel yang Sesuai

Di pasaran, terdapat wastafel kamar mandi dengan beragam ukuran. Ada wastafel yang berukuran kecil, seperti wastafel gantung. Ada juga wastafel yang berukuran lebih besar, seperti wastafel kabinet, yang tentunya memakan lebih banyak tempat. Sebelum Anda membeli wastafel kamar mandi, ada baiknya Anda mengukur panjang, lebar dan tinggi area kamar mandi Anda yang nantinya dijadikan area untuk wastafel kamar mandi Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan meleset dalam membeli wastafel kamar mandi yang pas dengan ukuran kamar mandi Anda. Letak perabotan kamar mandi Anda pun akan terlihat proporsional.

Tentukan Jenis Wastafel

Terdapat beragam jenis wastafel yang dapat Anda temukan di marketplace. Dari yang memiliki kaki (wastafel pedestal), yang lengkap dengan kabinet (wastafel kabinet), maupun yang dipasang pada dinding dan tidak memiliki kaki (wastafel gantung). Tentukan dahulu kebutuhan Anda dan keluarga dan ruang yang tersedia di kamar mandi Anda. Jika Anda memiliki anak kecil yang ingin Anda ajarkan mengenai cara mencuci tangan dengan mandiri, Anda dapat memilih wastafel gantung, yaitu wastafel tanpa kaki yang dapat disesuaikan tingginya. Atau, jika Anda memiliki banyak benda-benda di kamar mandi yang ingin Anda sembunyikan, Anda dapat memilih wastafel kabinet.

Sesuaikan dengan Desain Kamar Mandi

Kalau desain kamar mandi menjadi suatu hal yang penting untuk Anda, Anda dapat menyesuaikan desain wastafel dengan desain kamar mandi Anda. Beberapa wastafel hadir dengan desain yang unik dan estetis, terutama wastafel jenis vessel, dimana mangkuk wastafel memiliki ragam bentuk yang tidak biasa namun tetap terlihat menarik. Anda juga dapat bermain dengan warna dan bahan. Beberapa wastafel terbuat dari kaca. Ada juga yang terbuat dari marmer. Anda juga dapat menemukan wastafel dalam berbagai jenis warna yang menarik, seperti hitam dan emas.

Ruang Penyimpanan

Apakah Anda membutuhkan ruang penyimpanan lebih di kamar mandi Anda? Jika ya, mungkin bukan wastafel pedestal maupun wastafel gantung yang Anda butuhkan. Pilihan yang tepat mungkin adalah wastafel kabinet, yang menyediakan ruang penyimpanan lebih di bawah wastafel tersebut. Beberapa wastafel kabinet juga hadir dengan kaca yang di dalamnya memiliki kabinet tersembunyi, yang dapat Anda akses dengan cara membuka kaca tersebut.

Pilih Desain Keran yang Sesuai

Pastikan desain keran wastafel yang Anda beli sesuai dengan struktur wastafel Anda. Salah satu hal yang jadi pertimbangan adalah ukuran lubang pipa. Jangan sampai ukuran lubang keran terlalu besar atau terlalu kecil untuk lubang pipa yang ada pada wastafel. Pastikan juga desain keran sesuai dengan fitur suhu air yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan adanya suhu air panas dan dingin, Anda dapat memilih keran air dengan dua selang, dimana yang satu berupa selang untuk air bersuhu dingin, dan yang lainnya untuk air bersuhu panas/hangat. Anda juga dapat memilih desain keran wastafel sesuai selera Anda. Terdapat berbagai bentuk dan warna pada keran wastafel yang tersedia di marketplace. Tuas dan cara penggunaan keran wastafel yagn tersedia juga berbeda-beda. Ada yang tidak memiliki tuas dan hanya menggunakan teknologi sensor, sehingga air mengalir dengan sendirinya saat Anda mengulurkan tangan di bawah keran. Ada juga yang memiliki tuas yang harus diangkat untuk menyalakannya. Terlebih lagi, ada juga yang harus ditekan maupun diputar untuk menyalakan air.

Penutup

Pemilihan keran wastafel dapat Anda lakukan sesuai kebutuhan dan selera Anda dan keluarga. Namun, harus disesuaikan dengan struktur wastafel kamar mandi Anda. Demikian beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai cara memilih wastafel kamar mandi. Semoga Anda mendapatkan manfaat melalui artikel ini. Europe Enchanting memiliki koleksi wastafel kamar mandi berkualitas tinggi dan berstandar Eropa. Wastafel kamar mandi kami hadir dengan beragam ukuran, bentuk, dan warna. Temukan wastafel kamar mandi yang cocok untuk Anda dan keluarga bersama Europe Enchanting. Telusuri official store kami di Shopee dan Tokopedia untuk melihat koleksi wastafel kamar mandi kami dan sanitary ware lainnya. Kami memiliki beragam penawaran yang menarik untuk Anda.
Back to blog